MIMBARPUBLIK.COM
Foto: Biro Pers Istana

MIMBARPUBLIK.COM, JAKARTA – Pemerintah China mengatakan berbagai negara dunia telah membantu China dalam menangani wabah coronavirus yang mematikan.

Dukungan yang disampaikan negara-negara itu muncul dalam berbagai bentuk, termasuk mengirimkan alat medis seperti masker dan pakaian pelindung, hingga obat-obatan.

Oleh karenanya, China menyatakan terima kasihnya atas dukungan-dukungan tersebut.

“Sejak wabah baru pneumonia corona merebak, beberapa negara telah menyatakan simpati dan dukungan kepada China melalui berbagai cara,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying dalam Briefing Online harian, Senin (3/2/2020).

Beberapa negara yang telah mengirimkan bantuan di antaranya adalah Korea Selatan (ROK), Jepang, Inggris, Prancis, Turki, Pakistan, Kazakhstan, Hongaria, Iran, Belarus, hingga Indonesia.

“Teman yang ada di saat dibutuhkan adalah teman sesungguhnya. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka semua,” katanya.

Lebih lanjut, Hua mengatakan bahwa saat ini China masih sangat membutuhkan berbagai perlengkapan medis seperti alat pencegahan dan kontrol, masker, pakaian pelindung dan kacamata keselamatan serta barang-barang lainnya. Tingginya kebutuhan ini merupakan dampak dari cepatnya penyebaran virus corona.

Sejauh ini, kasus kematian akibat virus corona di China telah mencapai 425 orang. Sementara itu, jumlah total kasus yang dikonfirmasi di China mencapai 20.438 pada Selasa pagi, meningkat dari 3.235 pada hari sebelumnya.

Sementara itu, penyebaran wabah asal Wuhan, China ini telah menjangkau 25 negara. Yaitu mulai dari Amerika Serikat, Australia, Filipina, Finlandia, India, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kamboja, Kanada, Korea Selatan, Malaysia, Nepal, Prancis, Russia, Singapura, Spanyol, Sri Lanka, Swedia, Taiwan, Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab.

Sumber : cnbcindonesia.com

Load More Related Articles
Load More By Admin
Load More In NEWS ROOM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

SATGAS PENCEGAHAN OPERASI AMAN NUSA II SELIGI-2020 POLDA KEPRI BERI HIMBAUAN PENCEGAHAN COVID-19

MIMBARPUBLIK.COM, Batam – Dit Samapta Polda Kepri yang tergabung dalam Satgas Penceg…