Hari Jadi ke-512 Bengkalis Tahun 2024, DPRD Bengkalis Gelar Rapat Paripurna

BENGKALIS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkali menggelar rapat paripurna istimewa, Selasa (30/7/2024) bertempat di Gedung DPRD Jalan Antara Bengkalis, Sebagai puncak dari peringatan Hari Jadi Bengkalis Ke-512 tahun 2024.
Rapat paripurna istimewa itu dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Sofyan.S.Pd.I M.Si, Wakil Ketua III Syaiful Ardi dan disaksikan 27 orang anggota DPRD Bengkalis.
Kemudian dihadiri Pj. Gubernur Riau diwakili Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau, Ir. Emri Juli Harnis, Bupati Bengkalis Kasmarni, Wakil Bupati DR. H. Bagus Santoso, serta dihadiri mantan Bupati Bengkalis ke-14 Amril mukminin dan sejumlah perwakilan dari Bupati/Wali Kota se- Provinsi Riau. Selasa (30/7/2024).
Rapat paripurna Istimewa Hari jadi ke-512 Bengkalis ini merupakan puncak apresiasi daerah terhadap sejarah perjuangan Bengkalis yang dilaksanakan setiap tanggal 30 Juli sejak disahkannya Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bengkalis nomor 20 Tahun 2004 tentang Penetapan Hari Jadi Bengkalis.
Tahun ini, pada peringatan hari jadi ke-512 Bengkalis, tema yang diusung yakni, “Tegakkan Marwah, Negeri Maju, Masyarakat Sejahtera”.
Bupati Kabupaten Bengkalis Kasmarni dalam sambutannya menjelaskan peristiwa heroik dari para pendahulu dalam melawan penjajah dan mempertahankan wilayahnya (Bengkalis) tentunya menjadi bukti bahwa eksistensi masyarakat Bengkalis waktu itu memiliki semangat juang yang luar biasa dan gagah berani.
Semangat perjuangan tersebut, kata Kasmarni, tidak pernah pudar bahkan semangat itu yang ingin terus ditanamkan pada jiwa masyarakat Bengkalis melalui sinergi, kerja keras, kerja cerdas, kerja berkualitas, saling bahu-membahu, dan bergotong-royong, dengan fokus menjadikan Pulau Bengkalis sebagai kawasan pemerintahan dan pendidikan.
Bersempena dengan hari jadi ke-512 Bengkalis, Bupati Kasmarni mengajak seluruh elemen masyarakat Bengkalis untuk bersama-sama menjaga kehormatan, menjaga nama besar, dan menjaga nama baik Bengkalis, sebagai kawasan yang aman, damai, kondusif, maju, dan berprestasi.
“Serta mengajak untuk tetap mempertahankan semangat nasionalisme,” imbuhnya.

Dan Rapat paripurna istimewa Hari Jadi Ke-512 Bengkalis yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Bengkalis Sofyan Pada kesempatan tersebut Sofyan menyampaikan, rapat paripurna istimewa ini digelar sebagai bukti menghargai, keseriusan serta mengenang jasa para pejuang terdahulu demi menjaga Bengkalis.
“Kita sangat menghargai para pejuang kita yang sudah bersusah payah mempertahankan Bengkalis ini, untuk itu pada momentum ini mari kita menjaga Bengkalis supaya lebih maju bermarwah dan sejahtera.

Pada kesempatan itu Wakil Ketua DPRD juga membaca sejarah singkat tentang perjuangan masyarakat dan pemuda Bengkalis, dari seragangan Portugis semasa itu. (Mad)