PT. IAMI dan PT.KITB Sepakati Nota Kesepahaman Pembangunan Pabrik

Ket photo: Wabup Siak Husni Merza berbincang-bincang bersama Pimpinan PT. IAMI disela kegiatan ekspos dan Penandatanganan nota Kesepahaman PT. IAMI dan PT. KITB, di Pekanbaru, Selasa, 08/11/2022. Sumber photo: Infokom Kab. Siak

MimbarPublik.com – Siak- Perusahaan kendaraan udara berbasis tenaga elektrik, PT. Indonesia Air Mobility Industries (IAMI) berencana membangun pabrik di Kawasan Industri Tanjung Buton di Kecamatan Sungai Apit kabupaten Siak, Riau dalam jangka waktu 1- 2 tahun ke depan.

Wakil Bupati Siak Husni Merza disela-sela ekspos dari perwakilan PT Indonesia Air Mobility Industries (IAMI) menyampaikan, Pemkab Siak menyambut baik dan siap bekerjasama dengan para investor dalam mengembangkan Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB).

“Alhamdulillah, siang ini kita mendengarkan ekspos PT.IAMI yang akan investasi di KITB dalam pengembangan kendaraan udara berbasis tenaga listrik. Kawasan Industri Tanjung Buton juga didukung pelabuhan bongkar muat bertaraf internasional. Kemudian kita juga sudah bebaskan lahan 3.800 ha kondisinya ready dan 600 ha lahan bersertifikat,”papar Wabup Husni di Pekanbaru, Selasa (8/11/2022).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PT. IAMI atas ketertarikannya berinvestasi di Kawasan Industri Tanjung Buton. Kami tentunya sangat mendukung karena jika ini deal, KITB akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Kabupaten Siak khususnya Riau Pesisir, dan tentunya akan membuka lapangan kerja baru, bagi masyarakat Riau,” jelas Husni.

Mengingat investasi ini melibatkan multi pihak, kedepan pihaknya akan berkoordinasi dengan OPD terkait, Pemerintah Provinsi dan Pusat.

Troy Evelon Pomalingo selaku Presiden Direktur PT IAMI mengatakan perusahaannya akan terus fokus pada kendaraan udara berbasis tenaga elektrik dan berencana mempekerjakan ribuan tenaga kerja terampil asal Indonesia.

“Sebagai perusahaan yang baru lahir, rencananya kami akan membuka pabrik di Siak, Riau dengan mempekerjakan sekitar 4.000 tenaga kerja asal Indonesia,” ungkap Troy Evelon

Pada ekspos tersebut juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara PT. KITB selaku otoritas kawasan industri dengan PT. IAMI yang langsung disaksikan oleh Wakil Bupati Siak Husni Merza , Mr. Khaled M F A Aladwani President Commissioner, Mr. Troy Evelon Pomalingo President Directur, Mr. Walid KH A B H Alroomi Commissioner, Direktur PT. KITB, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Siak.
(dharma/inftrl)