Iman Julianto Kembali Pimpin IKPI Cabang Bekasi Periode 2024-2029

Bekasi – Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) Cabang Bekasi menggelar agenda penting berupa seminar dan rapat anggota cabang dalam rangka pemilihan Ketua IKPI Cabang Bekasi periode 2024-2029. Acara ini berlangsung pada 17 Oktober 2024 di Star Hall Hotel Santika, dihadiri oleh 180 anggota IKPI Cabang Bekasi yang berhak memberikan suara untuk menentukan pemimpin organisasi di masa mendatang. Acara ini dibuka langsung oleh Ketua Umum IKPI, yaitu Vaudy Starworld dan dihadiri oleh Pengurus Pusat, seperti Christian Binsar Marpaung selaku Dewan Kehormatan dan Prianto Budisaptono selaku Ketua Pengawas.

Agenda acara dimulai dengan seminar dan pelatihan yang bertajuk “Membuat Kertas Kerja Pintar dalam Rangka Menghadapi SP2DK, Pemeriksaan & Keberatan”. Seminar ini membahas strategi yang efektif menghadapi SP2DK, pemeriksaan, dan keberatan. Seminar ini melibatkan serangkaian presentasi materi latar belakang pentingnya SP2DK dari perspektif fiskus sehingga dapat memperkaya pemahaman konsultan dalam memberikan jawaban SP2DK itu sendiri dan sesi tanya jawab dalam rangka mengeksplor best practice dalam menanggapi SP2DK yang dibawakan oleh Anwar Hidayat selaku narasumber.

Adapun topik-topik yang dibahas seperti membuat kertas kerja dalam proses terkait dengan Surat Permintaan Penjelasan atas Data dan/atau Keterangan (SP2DK) dan pemeriksaan pajak. Kemudian, ada juga bahasan tentang strategi pengajuan keberatan dan banding dilihat dari berbagai sudut pandang, sehingga strategi tersebut bisa diaplikasikan dalam rangka mencapai tujuan klien.

Acara ini diikuti oleh peserta dari IKPI Cabang Bekasi dan cabang lain, peserta yang hadir akan mendapatkan sertifikat PPL TS dan NTS. Program PPL ini sangat membantu konsultan pajak dalam memutahirkan pengetahuan dan keterampilan professional dalam melayani klien. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif paling tidak terhadap peningkatan kompetensi para anggota IKPI Cabang Bekasi dan sebagai ajang silaturahmi dalam rangka mempererat hubungan antar anggota.

Setelah sesi seminar, acara selanjutnya adalah Rapat Anggota Cabang (RAC) dan hal ini merupakan bagian dari agenda utama khususnya penyampaian laporan pertanggungjawaban dan pemilihan pengurus yang akan melanjutkan estafet IKPI Cabang Bekasi. Pemilihan Ketua IKPI Cabang Bekasi untuk periode 2024-2029 berlangsung dengan penuh antusiasme dari pemilih atau pemilik suara yang merupakan anggota IKPI Cabang Bekasi. Pada kesempatan pemilihan ketua cabang Bekasi, terdapat beberapa orang yang mendaftarkan diri maju sebagai calon dan setelah melalui proses evaluasi dari Panitia Pemilih, dinyatakan bahwa yang memenuhi kualifikasi untuk maju sebagai calon ketua dalam kesempatan ini hanya atas nama Iman Julianto. Iman Julianto merupakan petahana Ketua IKPI Cabang Bekasi periode 2019 sd 2024, dan merupakan calon Tunggal yang didukung oleh 98% anggota dalam proses Pengusulan Bakal Calon Ketua Cabang yang dilaksanakan pada tanggal 2-5 Oktober 2024 melalui google form. Panitia Pemilihan ini dipimpin oleh Sistomo dengan beranggotakan Suwardi Hasan, Henri Silalahi, dan Melisa.

Dalam pernyataannya, Iman menjelaskan bahwa visinya adalah menjadikan IKPI Cabang Bekasi sebagai organisasi yang profesional, kredibel, serta berkontribusi besar dalam pengembangan perpajakan di wilayah Bekasi. “Kami ingin meningkatkan kompetensi anggota dan memperluas jaringan kerja sama dengan pihak eksternal, termasuk pemerintah dan masyarakat,” ujar Iman.

Salah satu fokus Iman adalah peningkatan pemahaman dan kesadaran perpajakan di kalangan masyarakat, khususnya mahasiswa. “Saya akan melakukan sosialisasi dan edukasi perpajakan kepada masyarakat umum dan mahasiswa yang berminat untuk profesi bidang perpajakan,” kata Iman pada Jumat (18/10).

“Dukungan dari rekan-rekan IKPI Bekasi sangat berarti bagi saya. Ini adalah amanah besar yang akan saya jalankan dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi,” ujar Iman.

Pemilihan ini menjadi momentum penting bagi IKPI Bekasi, mengingat tantangan di bidang perpajakan yang terus berkembang. Dengan kepemimpinan Iman Julianto, banyak pihak berharap organisasi ini akan semakin solid dan mampu menghadapi berbagai tantangan yang ada.